Halaman

Rabu, 29 Juni 2011

Manasik Haji

SDIT Empat mei adalah sekolah fullday yang berbasis islam, dimana berusaha memberikan pemahaman, pengertian & ilmu-ilmu mengenai islam secara benar kepada anak didik sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an & As-Sunnah. Sejak usia dini (kecil) siswa-siswi diajarkan bagaimana beribadah secara benar, terhindar dari ilmu2 tahayul & yang menyimpang dari ajaran agama islam (Al-Qur'an&As-Sunnah).

Salah satu program pembelajaran islami di SDIT Empat Mei adalah kegiatan Manasik Haji yang rutin dilaksanakan setiap tahun sekali pada bulan haji (Dzulhijah). pada tahun ajaran 2011/2012 pelaksanaan Manasik Haji diadakan di pelataran masjid An-Nur Pare, dengan mendirikan miniatur ka'bah.

masjid An-Nur Pare...terlihat dari depan...

 miniatur ka'bah untuk manasik haji

Demi menunjang terlaksananya kegiatan manasik haji bagi siswa/siswi SDIT Empat Mei, maka semua guru mengikuti gladi resik juga lho, agar lebih dapat menguasai, hafal dan memahami serta mengerti tentang aktifitas/kegiatan manasik haji. Sehingga saat hari H (pelaksanaan kegiatan) semua guru bisa membimbing, mengarahkan & memberikan contoh dengan benar mengenai aktifitas Manasik haji. Siswa/siswi SDIT selama satu minggu sebelum pelaksanaa Manasik Haji juga melakukan gladi resik (latihan, baik gerakan maupun bacaan dalam aktifitas Manasik Haji).

Untuk lebih menghayati & agar lebih khusyu', semua yang terlibat, baik siswa/siswi SDIT Empat Mei, guru, kepala sekolah, semua karyawan yang ikut terlibat dalan kegiatan ini diwajibkan memakai baju ikhram (kain warna putih2) yang telah disediakan dari sekolah. Bahkan wali murid yang berkenan mengikuti kegiatan Manasik Haji juga diperkenankan ikut bergabung lho (untuk rombongan ini yang mendampingi khusus, yaitu Pak Bachtiar).

perjalanan dari maktab menuju ka'bah

Pelaksanaan kegiatan Manasik Haji yang dilakukan siswa/siswi SDIT Empat Mei dilakukan bersama-sama dengan TKIT Empat Mei. Dimana saat pelaksanaan siswa/siswi TKIT dahulu yang melakukan Manasik Haji dengan dibimbing guru kelas masing-masing, dilanjutkan kemudian siswa/siswi SDIT Empat Mei berurutan dari kelas 1 hingga kelas V dengan didampingi guru kelasnya masing-masing ditambah guru efektif yang lainnya.
 perjalanan menuju ka'bah

rombongan manasik haji yang sedang antri...akan memasuki miniatur ka'bah

 siswa siswi memasuki mekkah (mendekati miniatur ka'bah)

Meskipun cuaca sangat panas menyengat, Alhamdulillah kegiatan dapat berjalan dengan lancar. bahkan Siswa/siswi sangat bersemangat mengikuti kegiatan Manasik Haji ini. Terlebih lagi siswa/siswi kelas I. meskipun masih kecil, tapi mereka juga kuat lho saat melakukan aktifitas Sa'i. Apalagi saat lempar jumroh, mereka teramat sangat bersemangat melemparkan kerikil-kerikil sebagai perlambang untuk melempari syetan.
siswa-siswi mengelilingi miniatur ka'bah dengan didampingi guru pendamping

 
di padang arafah, persiapan mendengarkan ceramah

Semoga dengan adanya kegiatan rutin Manasik Haji siswa semakin memahami, mengerti & mampu melakukan tata cara pelaksanaan Haji dengan benar & sesuai tuntunan syari'ah islam, serta suatu saat nanti bisa mendapatkan kesempatan bertamu, berkunjung&menunaikan ibadah rukun silam yang ke-lima ke baitulloh Mekkah atas panggilan NYA.aamiin...
Labaik Allohuma Labaik...Labaik kalasyarika Labaik...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar