Halaman

Rabu, 29 Juni 2011

Pawai Ta'aruf

Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDIT Empat Mei mengacu pada Diknas sesuai dengan KTSP 2007. Dengan kurikulum terpadu, yaitu terintegrasi nilai islam ke dalam bidang studi pembelajaran dan aktifitas anak, serta pengajaran dilaksanakan dengan metode Meaning Fullnes Learning sehingga dapat melahirkan generasi islami yang bertaqwa, berakhlakul karimah, mandiri & berprestasi. Mereka juga dibekali kemampuan untuk lebih peka, toleran, berempati & memahami sesama & lingkungannya.

Beberapa kegiatan penunjang untuk mewujudkan cita-cita mulia tersebut, adalah: pawai ta'aruf, young enterpreneur, manasik haji, kunjungan edukatif, study tour, pesantren anak sholeh, dll.

Foto di bawah ini adalah salah satu kegiatan di SDIT Empat Mei yaitu, Pawai Ta'aruf. semua siswa siswi di SDIT Empat Mei beserta guru melakukan pawai menyambut bulan suci Ramadhan 1432H. siswa siswi berbaris dengan rapi, berjalan dua-dua dan melakukan pawai dengan jalan kaki mengelilingi perkampungan disekitar lokasi sekolah. 

pawai ta'aruf menyambut Ramadhan 1432H

Saat berpawai ta'aruf, semua siswa siswi membawa balon & satu lembar kertas ukuran folio yang berisi jadwal puasa ramadhan (imsakiyah&berbuka) yang bisa ditempel didinding sehingga mempermudah bagi umat muslim yang menjalankan puasa Ramadhan. Balon tersebut akan diberikan kepada anak-anak kecil (balita) di sepanjang jalan yang mereka lewati. Sedangkan kertas jadwal imsakiyah diberikan kepada para orangtua atau ibu-ibu/bapak-bapak yang terlihat saat mereka sedang melakukan pawai.


Pawai Ta'aruf ini bertujuan: menumbuhkan semangat & kesadaran bagi siswa siswi untuk menyambut dengan gembira akan tibanya bulan yang mulia, yaitu bulan Ramadhan. Menumbuhkan  empati&kepekaan dari siswa siswi terhadap sesama & lingkungannya. Memberikan informasi keagamaan (jadwal puasa Ramadhan) ke sesama muslim. Menumbuhkan kesadaran bagi siswa siswi tentang aktifitas (hal2) apa saja yang diperbolehkan diperingati atau dirayakan dan hal-hal apa saja yang menurut islam dilarang diperingati/dirayakan.



Sedangkan bagi masyarakat sekitarnya untuk menumbuhkan rasa empati&simpati akan keberadaan lembaga pendidikan di dekatnya yaitu SDIT Empat Mei. yang secara langsung atau tidak langsung menjadi salah satu alternatif pilihan dalam rencana memasukkan atau mendaftarkan anaknya ke sekolah, baik tingkat TK atau SD. Alhamdulillah selama pawai berlangsung, siswa siswi begitu bersemangat melakukannya.

semoga kalian menjadi generasi islami yang berakhlakul karimah, mandiri & berprestasi....
tetap S3MANGAT yaaaa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar